Jumat, 15 Maret 2013

TABUNGAN - sejarah kata TABUNGAN bank di indonesia

TABUNGAN

Dulu waktu jaman gue kecil banyak banget dah program2 Bank dah dikenalin sejak kecil (alias bibit loyalitas nih menurut gwa beberapa taon kedepan) Pokoke bahasanya ngajak wat pada nabung dah.

Nah disini gwa cuma mao bahas kata "Nabung" dari bahasa dasar "Tabung",.. kalau dijadin kata benda berarti suatu benda yg berbentuk tabung, tinggi dan atasnya agak bulet setengah lingkaran jadi cukup muat ruang wat di isiin tinggal bikin bolongannye kalau mo isi.. btw ini cuma pandangan gwa aja sih "mungkin dulu kan simpen duit di batang bambu tuh trus di bolongin, kalo dibilang "bambuan" kan kurang enak ya, ntar malah mlebar pemahamannya lagi, bisa-bisa dsangka penyakit lagi kalo ma orang-orang,.. hehehehe

nah,berhubung dulu masih jaman penjajahan dan perang,.. mungkin bekas2 longsongan bom meriam kan nganggur tuh berbentuk tabung,.. trus karena masayarakat indonesia amat sangat kreatifnya pada saat itu,.. segala sesuatu yg dipunya benda-benda kecil yg berharga sampai uang koin di taro dtempat tersebut dagh kali ya.. kalo uang kertas pada tahu dah kalo emak2 nyimpenyaa dimana,.. hehehe hayoo dimana?? dulu product guess dll blom masuk keindonesia pada zaman itu,.. dan saat itu tempat tersebut sangat effektif wat nyimpen uang kertas karena gag bakalan terbang kalo ada angin,..hehehe... diganjel 2 gunung mpe kejepit dah tuh... (andai uang kertas bisa ngomong "butuh napas buatan ma butuh susu segar bukan susu kadarluarsa, :)) ... loh kok jd bahas itu,... hadeuhhhh,... jd inget pamela anderson,... ooppsss kecepolosan,...

nah mungkin, (masih mungkin loh ya) dari situ lah timbul karena kebiasaan menyimpan uang koin dll akhirnya muncul kesepakatan untuk menamai sesuatu yg berhubungan dengan simpan berharga dengan kata "Tabung" dan untuk memasyarakatkan dengan merangsang untuk "mengajak" makan-nye jadi "Menabung".. (tapi masih opini gwa loh,.. dibantah jga gpp hehehe :))

jadi kesimpulannye pada zaman itu kata "Tabung" dan Menjadi sesuatu yg bsifat ajakan, menjadi kata "Menabung"..

nah, era abis merdeka dah tuh,.. pas bank pertama buka,.. namanya baru merdeka kan butuh dana ya,..kaya abis merid,... awal2 merid butuh dana,.. kalo sebelum merid mah bisa patungan... kaya waktu mao merdeka,.. patungan dah tuh kerajaan2 besar yg tsisa dan pedagang2 aceh yg kontribusi sumbangannye paling gede wat beli pesawat biar bisa diplomasi mo cari dukungan keluar negri biar kite bisa merdeka.

lanjut ke abis merdeka, abis merdeka brarti butuh duit pan gitu ya,.. ya wat bikin yg namanya mata uang, bangun sana sini ma perabotan2 kenegaraan dah,..
makanye dulu kalo kite pernah SD nih,.. yg pnah aje ya,..hehehehe,.. selalu dibahas keuntungan menabung dibank,... padahal mah ya kalo ada kelebihan pasti ada kekurangannya ya,.. dah hukum pasti itu,.. tp karena dibuat mudeng n dpbanyak keuntungannye dan akhirnya mindset jd sepakat dah tuh dhati ma dipikiran. jd gag ragu kita ngasih/naro duit di bank. apalagi dikasih BUNGA (ntar ada pmbahasan wat bunga, kita sebut saja namanya si bunga...hahahaha kaya koran apa ya,..lupa gwa,..sering konsumsi jga tuh,... tp bacanye bukan kaya orang2 pada umumnye baca koran, diteras mbil sarapan ma num kopi,... kalo tuh koran wat sebelum ke teras,.. alias masih dikamar mandi,.. hayooo ngapainn?&*$%$#@?? akakakakakak.... hushh jd kamar mandi ya... ruang kecil yg sangat nyaman,.. wat gwa baca koran itu,...mbil jongkok dalilnye sih sakit perut, jd actingnye dapet biar kluar suara penekanannye ..pas ditanya "oooii lama amat",. pas jawab "sakit perut" mbil mgang perut, padahal gag bisa ngeliat jga kedalem,.. jd bisa agak lamaan kalo diketokin... hehehehe... note: tangan tetep diatas loh..hehehehe


okey lanjooottt (kata ariel "PP") => PEter Pan dibaca PETERPEN atau singkt "PEPE",..ooopsss sejak kapan ariel numbuhnya,... dulu rata donk,..hahaha...
kite ganti yg up2date, Ariel Noah... yeh,.. piss ah,...

Nah, akhirnya karena kelebihan dan keuntungan yg banyak tersebut maka terkumpullah dana dari masyarakat, wat pada saat itu,... dan akhirnye panjang dah mpe sekarang, cos namanya negara ya,.. kan gag wat sehari dua hari or setaon bdirinye,.. pastinye regenerasi,..era ke era.. selalu dikenalin dah ma yg namanye bank dan keuntungannye,..

gwa sekarang mo bahas kata dan persamaan kata lainnya yg sejenis :

TABUNG (Tempat sementara penyimpanan) diarahkan untuk MENABUNG (Me-alokasikan ke sebuah penyimpanan lebih besar dari sebelumnya) Ke ... dan kalau dibahasan lain sama dengan SIMPAN diarahkan untuk MENYIMPAN Ke ...

kadang gwa gag abis pikir jga sih,,.. dan salute buat yg konspetornya dah pada saat zaman itu :
banyak slogan dah biar lo nabung dan menabungkan ke bank,.. seperti : Hemat pangkal kaya, stop hidup boros,.. mari menabung untuk masa depan,.. rencanakan keuangan anda demi masa depan kluarga anda,..

reasonable smua,..pasti langsung klop ma hati dan pikiran kita,.. apalagi kalo ada kata : "masa depan", "anak", "Keluarga", "kaya"
pasti hati ma pikiran langsung sejalan dah,.. dan bilang "iya", "oke"
(bahasa advertising dan di marketingkan untuk jualan door to door "BTL")
dan lu akan melakukan penghematan disgala bidang (perketat keuangan kapten) hehehehe,... mpe mo lakuin apa yg lo mo lakuin jadi peperangan dalam hati dan pikiran,... ati2 struk,.. hehehehe...tp emang baik sih,..positif itu kedepannya,..

sejarah bank menurut gwe :) di indonesia ... hehehehe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar